"Ketahuilah, bahwa tashawuf itu ialah patuh mengamalkan perintah dan menjauhi larangan lahir dan bathin sesuai dengan ridha-Nya, bukan sesuai dengan ridhamu" (Asy-Syaikh Ahmad At-Tijani, Jawahirul Ma'ani, 2 : 84)

Selasa, 30 Mei 2017

Ijazah Doa Rasulullah S.A.W "Ya Man Azhharal Jamil..."


يَا مَنْ أَظْهَرَ الْجَمِيلَ، وَسَتَرَ الْقَبِيحَ، وَلَمْ يُؤَاخِذْ بَالْجَرِيرَةِ، وَلَمْ يَهْتِكِ السِّتْرَ، وَيَا عَظِيمَ الْعَفْوِ، وَيَا حَسَنَ التَّجَاوُزِ، وَيَا وَاسِع َالْمَغْفِرَةِ، وَيَا بَاسِطَ الْيَدَيْنِ بِالرَّحْمَةِ، وَيَا سَامِعَ كُلِّ نَجْوَى، وَيَا مُنْتَهَى كُلِّ شَكْوَى، وَيَا كَرِيْمَ الصَّفْحِ، وَيَا عَظِيمَ الْمَنِّ، وَيَا مُقِيلَ الْعَثَرَاتِ، وَيَا مُبْتَدِئاً بِالنِّعَمِ قَبْلَ اسْتِحْقَاقِهَا، يَا رَبِّي وَيَا سَيِّدِي وَيَا مَوْلَايَ وَيَا غَايَةَ رَغْبَتِي، أَسْأَلُكَ أَنْ لَا تُشَوِّهَ خِلْقَتِي بِبَلَاءِ الدُّنْيَا وَلَا بِعَذَابِ النَّارِ .

Artinya: “Wahai Yang menampakan keindahan dan menutupi keburukan, Wahai Yang tidak tergesa-gesa dalam menjatuhkan hukuman atas suatu kesalahan, dan juga tidak menyebar luaskan ke-aib-an hambaNya, Wahai Yang Maha Pemaaf dan Pengampun, Yang kedua tanganNya senantiasa terulur dengan rahmat, Wahai Yang Maha Mendengar setiap bisikan rintihan dan Tempat melimpahkan segala keluhan, Wahai Yang Maha Pemurah, Wahai Yang Amat besar anugrahNya, Wahai Yang Maha menepis segala ketergilinciran, Yang memberikan kenikmatan sebelum diminta, bahkan sebelum hambaNya berhak untuk mendapatkannya. Wahai Tuhanku, Wahai Junjunganku, Wahai Penolongku, Wahai Puncak Tujuanku, aku memohon kepadaMu janganlah Engkau hinakan diriku dengan mushibah dunia dan azab neraka”

Penjelasan:
Di dalam kitab al-Mustadrak alas shahihain, Imam al-Hakim al-Naisaburiy menyebutkan sebuah hadits Shahih dari Umar bin Syu`aib Radiyallahu Anhu yang ia terima dari bapaknya dan kakeknya. Kakeknya bernama Abdullah Bin Amr Bin Ash, kakeknya meriwayatkan dari Rasulullah: ia berkata :”Malaikat Jibril pernah datang kepada Rasulullah dengan membawa do`a ini dari langit Jibril berkata : “Salam sejahtera atas-mu ya Rasulallah”. Rasulullah menjawab : ”Salam sejahtera pula atas-mu ya Jibril”. Ia berkata :”Allah telah mengutusku untuk membawa sebuah hadiah untukmu”. “Hadiah apa ?” tanya Rasulullah. “Beberapa kalimat yang diambil-Nya dari gudang arsy” jawabnya. “Dengan kalimat ini, mudah-mudahan Allah akan memuliakanmu”. “Kalimat apa ya Jibril?” Tanya Rasulullah. Kemudian malaikat Jibril membacakan do`a ini : Yaa man azharal jamiil, wa satarol qabiih……..
Rasulullah bertanya lagi : “Fadhilah apa yang Allah berikan kepada pembacanya ?”. Malaikat Jibril menjawab : “Seandainya semua malaikat yang ada di tujuh lapis langit itu berkumpul untuk menggambarkan fadhilahnya, niscaya mereka semua tidak akan mampu untuk menggambarkan fadhilahnya sampai hari kiamat tiba. Dan Allah Taala telah berkata kepadaku : Kuberikan pahala kepada pembacanya sebanyak semua makhluk yang telah aku ciptakan, sebanyak tetesan air hujan, sebanyak pasir dan kerikil, dan Aku berikan pahala seperti yang di dapat oleh 70 orang nabi yang telah menyampaikan dakwah risalah”.

Imam al-Hakim an-Naisaburiy berkomentar : “Hadits ini sanadnya shahih karena perawinya mayoritas berasal dari penduduk Madinah yang terpercaya”.
berdasarkan Ijazah yg alfaqir terima dari Sayyid Abdul Karim Baqqasy Al Idrisi AlHusaini,Doa ini dianjurkan dibaca sebanyak 20 kali sehari semalam boleh pada satu waktu atau dibagi pada beberapa waktu (dicicil) misalnya setiap selesai shalat dibaca 4 kali. Atau juga dijadikan dzikr shobahan (pagi) 10 kali dan dzikir masaan (sore) 10 kali,

Para ahli ma'rifah mengatakan bahwa: "Doa Ya man Azharal Jamil" ini lebih tinggi dan lebih utama dari pada Hizb Saifiy.
Adapun sanad muttashil kepada imam al-Hakim an-Naisaburiy Radhiyallahu Anhu wafat tahun 405 Hijriyah sebagai berikut;


الحقيروالفقيرداسيف عبيدالله بن عبدالرحمن عن السيد عبد الكريم بقاش الادريسي الحسني عن العلامة المحدث السيد محمد بن محمد الحجوجي الحسني عن والده الحافظ السيد محمد بن محمد الحجوجي عن العلامة سيدي محمد الهاشمي المدني عن المسند سيدي فالح بن محمد الظاهري المدني عن سيدي محمد بن علي الخطابي السنوسي عن السيد الحافظ محمد مرتضى الزبيدي عن الشمس سيدي محمد بن سالم الحفني وهو عن سيدي عبد العزيز الزيادي عن الشمس سيدي محمد بن العلاء البابلي عن سيدي سالم بن محمد السنهوري عن النجم سيدي محمد بن احمد الغيطي عن القاضي الامام زكريا الانصاري عن الحافظ احمد بن علي بن حجر العسقلاني انبأنا ابو هريرة الذهبي اجازة عن القاسم بن المظفر عن ابي الحسن بن المقير عن ابي الفضل الميهني عن ابي بكر بن علي بن خلف عن صاحب كتاب المستدرك على الصحيحين الامام ابي عبد الله محمد بن عبد الله الحاكم النيسابوري رضي الله عنه .

Adapun sanad imam al-Hakim an-Naisaburiy bersambung kepada Rasulullah sebagai berikut;
الحاكم أبو عبد الله محمد بن عبد الله الحافظ أنبأ أبو العباس محمد بن أحمد المحبوبي بمرو ثنا أحمد بن عيسى الطرسوسي
و حدثنا أحمد بن سلمان الفقيه ببغداد ثنا إسماعيل بن إسحاق القاضي
و حدثنا محمد بن صالح بن هانىء ثنا الفضل بن محمد الشعراني قالوا : ثنا إسماعيل بن أبي أويس ثنا أحمد بن محمد بن داود الصنعاني أخبرني أفلح بن كثير ثنا ابن جريج عن عمرو بن شعيب عن أبيه عن جده عمرو بن العاص رضي الله عنه عن رسول الله صلى الله عليه وسلم .


Lebih afdol Ijazah secara langsung kepada Mujiz atau kepada Muqoddam Thariqah at Tijaniyyah..


By
al Haqir wal Faqir Dasep S Ubaidillah bin R Abdurrahman
Khuwaidim Thariqah At Tijaniyyah
Pangandaran - Jawa Barat
HP. 081323776333 / 085862222848


*di kutip dari tulisan KH.Rizqi Dzulqornain,MA 

1 komentar:

  1. apakah diijazahkan kepada semua orang atau perlu ijazah khusus bila perlu ijaah khsusu bagaiaman cara nya kami mendapatkan ijazahnya terima kasih

    BalasHapus